Konsep Promosi
merupakan sebuah aktifitas menawarkan produk atau jasa yang bertujuan menarik
orang lain untuk membeli, menggunakan atau bahkan hanya melirik produk atau
jasa yang ditawarkan. Promosi adalah salah satu aspek yang penting
dalam manajemen pemasaran dan
sering dikatakan sebagai proses berlanjut.
18
strategi promosi adalah sebagai berikut:
1. Menyusun daftar rencana promosi
Pertama, susunlah rencana promosi untuk menarik konsumen,
mulai dari tujuan promosi, target pasar, nilai lebih produk yang akan
ditawarkan, besaran anggaran dana yang digunakan, serta buatlah daftar kegiatan
promosi untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen.
2. Tentukan konsep promosi sebelum memulai usaha
Sebelum memulai usaha, cari tahu mengenai besarnya minat konsumen
untuk menggunakan atau membeli produk Anda. Selanjutnya tentukan konsep promosi
yang diinginkan, bila perlu tambahkan logo atau slogan khusus pada produk agar
konsumen ingat dengan produk maupun bisnis Anda.
3. Pilih sasaran pasar yang tepat
Jika anggaran terbatas, sebaiknya fokuskan target pasar produk
Anda kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu yang memiliki kebutuhan
sesuai dengan produk Anda. Bila produk Anda sudah tersebar dan dikenal
masyarakat, Anda dapat memperluas sasaran pasar.
4. Fokus kepada pelanggan
Bantu konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka, jadi yakinkan
pelanggan dengan memberikan informasi bagaimana produk Anda bermanfaat untuk
mereka.
5. Penuhi permintaan pelanggan
Konsumen merupakan orang yang paling tahu kebutuhan apa yang
mereka inginkan, oleh karena itu dengarkan permintaan mereka dan penuhi dengan
menciptakan produk yang diinginkan konsumen. Agar produk yang Anda ciptakan
sesuai dengan permintaan konsumen saat ini.
6. Berikan informasi gratis
Berikan informasi gratis yang berhubungan dengan produk Anda,
misalnya dengan memberikan brosur, surat, atau menyajikan website yang
memberikan informasi gratis dengan berita up to date, bila perlu kirimkan sms
untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk Anda.
7. Gunakanan online marketing
Promosi bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepada para
pelanggan sebagai bentuk berkomunikasi. Bisa juga dengan membuat grup
melalui facebook atau twitter, sehingga konsumen mengetahui informasi produk
Anda melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun
internasional.
8. Manfaatkan relasi media
Usahakan agar bisnis Anda dimuat dimedia massa atau elektronik, sehingga
informasi bisnis tersebut dapat tersebar luas dengan gratis. Terutama bagi
usaha kecil menengah, banyak media yang ingin meliputnya. Perluas jaringan Anda
dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerjasama untuk mempromosikan
bisnis Anda.
9. Masuklah ke dalam komunitas
Media komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha kecil dan
menengah yang memiliki dana terbatas, untuk mempromosikan produknya. Jika Anda
menjual pada komunitas yang sering Anda ikuti, maka tidak diperlukan lagi biaya
iklan.
10. Memasang papan iklan
Papan iklan di lokasi strategis, merupakan alat promosi yang
bagus. Karena mudah dilihat dan dibaca orang yang melewati lokasi tersebut.
11. Lakukan hal kecil yang berdampak besar
Hal kecil seperti memberi senyuman, salam, kamar mandi yang
bersih, mengangkat telepon pada dering ketiga, kartu nama yang menarik, serta
kebersihan lokasi usaha Anda ternyata mempengaruhi image konsumen terhadap
bisnis dan produk yang Anda tawarkan.
12. Berikan hadiah untuk konsumen
Tidak perlu hadiah mahal, hadiah seperti pengiriman gratis, atau
softdrink gratis, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen
yang menggunakan produk Anda. Sehingga mereka tidak segan untuk kembali
menggunakan produk Anda.
13. Gunakan strategi word of mouth
Promosi paling efektif adalah pemasaran melalui mulut ke mulut.
Dengan memberikan informasi yang mengena pada konsumen, mereka akan meneruskan
informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga informasi produk Anda tersebar
di kalangan masyarakat.
14. Hindari meniru produk ternama
Hindari pengunaan strategi promosi yang sudah sering digunakan
untuk produk lainnya. Usahakan cari strategi yang belum pernah digunakan dan
memicu rasa penasaran konsumen untuk membeli produk tersebut.
15. Jangan menganggap pesaing sebagai musuh
Selain memberikan dampak negatif, bersaing dengan competitor hanya
akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan menjadi persaingan harga .
Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang harganya stabil.
16. Promosi silang (Cross-promote)
Masukan promosi produk terbaru Anda yang siap dilaunching, pada
setiap kegiatan promosi yang Anda lakukan. Sehingga dalam satu kali kegiatan
promosi, bisa menginformasikan produk yang Anda miliki semaksimal mungkin.
17. Iklan alternatif akhir
Iklan bukan strategi pokok dalam pemasaran, karena biasanya
memakan banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan untuk memilih tempat iklan
yang tepat pada sasaran Anda. Agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang
sia-sia.
18. Menunggu hasil
Yang terakhir sabar menunggu hasil, karena penjualan merupakan
kegiatan yang berkelanjutan. Jadi tidak bisa langsung memberikan hasil saat
promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat setelah promosi selesai. Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk Anda, dan biarkan waktu yang bekerja untuk
menjualkan produk Anda.
0 komentar:
Posting Komentar