Jumat, 26 Juli 2013

Barudua Si Desa Stroberi

Stroberi ???? siapa sih yang gak tau.. Buahnya itu yang merah merekah, dihiasi dengan biji semu yang membuat buah ini makin mempesona. kalo rasanya gimana??.. rasanya tentu saja macem-macem. sebenarnya sih dua macem manis dan asem hanya saja tingkatan rasanya saja yang berbeda-beda. 

Di Garut ada sentralnya stroberi. tepatnya di Desa Barudua, Kecamatan Cipeudeuy, Kabupaten Garut. Desa ini benar-benar namanya DESA STROBERI. hampir seluruh masyarakatnya menanam stoberi. jarang yang tahu bahwa Garut punya desa unik ini. menurut pemerintah setempat, desa Barudua ini akan digadang-gadang jadi desa Stroberi karena pendapatan utama masyarakat desa ini berasal dari stroberi.

jalan menuju desa ini cukup mudah. desa ini ada di perbatasan antara Garut dan Tasik. kalau mau naik angkutan umum cari saja yang ke arah MALANGBONG, setelah malangbong baru ketemu CIPEUNDEUY. Nah dari situ tinggal tanya saja desa BARUDUA atau BAKOM. 

stroberi yang banyak di budidayakan di desa ini yaitu stroberi varietas Kellybright atau masyarakat biasa sebut kalibret byar mudah ngucapnya, trus ada juga varietas Kalifornia. perbedaan dari kedua jenis ini adalah kalau varietas kalibret buahnya lebih keras, rasanya lebih asam, karena buahnya lebih keras inilah maka bisa bertahan lama, apalagi jika akan di kirim ke pulau luar jawa. sedangkan varietas Kalifornia buahnya jauh lebih manis, produksinya lebih tinggi tetapi buahnya tidak tahan lama serta varietas Kalifornia ini lebih rentas terserang hama dan penyakit. 

Desa Barudua ini sekilas tampak sama dengan CIWIDEY. tetapi secara khusus terdapat perbedaan khusus seperti halnya tempat mandi/jamban yang masih di luar, rasa kekeluargaan yang masih sangat kental dan hawanya tampak berbeda dengan Ciwidey walaupun sama-sama di dataran tinggi. di desa ini juga ada Masjid sangat cocok buah rehat sejenak. Tetapi masih sangat di sayangkan pengunjung masjidnya sangat sedikit, mungkin di karenakan sibuk di ladang. sangat di sayangkan memang, Ketika Sang Maha Kuasa memberikan nikamat yang tidak semua desa mendapatkannya tetapi masyarakatnya seakan mulai sibuk dengan pekerjaan sehingga banyak yang lalai dan lupa siapa yang telah memberikan rizki itu.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya pernah ke desa stroberi ini. Kualitas stroberi di sini sangat baik dan fresh. Ada juga koperasi yg secara langsung membeli hasil panen dr masyarakat kemudian memasarkan ke berbagai daerah. Di koperasi ini, stroberi disortir menjadi bbrpa kualitas dilihat dr ukuran dan warna. Jadi ingin ke sana lagi... Blm banyak org yg tau desa stroberi di garut, barudua, bakom

 
;