Jumat, 10 Mei 2013

Baleendah Berlumpur

Setelah banjir besar pada pekan yang lalu melanda Baleendah, sekarang menyisakan genangan lumpur pekat hitam setinggi 40 cm. Lumpur yang terbawa dari sungai saat banjir ini memenuhi seluruh sudut Baleendah. Baleendah terlihat kumuh dan gersang. Di dataran-dataran yang sedikit tinggi tampak beberapa tenda yang dibuat seadanya. Beratapkan sepanduk dan sisa-sisa terpal ala kadarnya kemudian disangga dengan bambu-bambu yang mulai melapuk. Tenda sederhana yang  cukup untuk bernaung dikala malam menyapa.

Banyak warga yang terkena dampak banjir diungsikan ke rumah susun yang didirikan oleh pemerintah. Beberapa warga yang masih bertahan, berjibaku membersihkan rumah dan jalan agar bisa dilewati lagi. Tampak anak kecil yang asik bermain lupur dengan karung yang digenggamnya. Sesekali ia teriak dan tertawa lepas. Seakan lumpur ini menjadi mainan baru dalam hidupnya.

Semangat masyarakat Baleendah yang masih berapi-api untuk menyingkirkan lumpur menyulut simpati para relawan untuk membantu menyingkirkan si lumpur hitam. Relawan yang terdiri dari para pelajar SMP, SMK serta pramuka dan dimotori oleh Dompet Dhuafa Rescue. Relawan dan warga Baleendah larut dalam kemeriahan menyingkirkan si lumpur hitam. lumpur-lumpur ini dimasukan kedalam karung-karung kecil dan ditata rapih di pinggir jalan. Lentingan sorak-sorak melejitkan sisa tenaga yang mulai terkuras habis. Sedikit demi sedikit lumpur yang menggenangi jalan mulai tersibak. Leleh dan letih terbayar ketika satu gang mulai bersih dari lumpur dan kendaraan dapat masuk.

Keceriaan tak tertampik diwajah para relawan dan warga. Noda-noda lumpur ini memberi kesan tersendiri bagi mereka. Keakraban semakin erat mengikat dihati-hati para relawan. Bahkan ada yang berbagi sendal untuk berjalan kala misi terselasaikan. Semangat relawan menjadi emulsi bagi warga Baleendah untuk terus berjibaku menyingkirkan si lumpur hitam dan menjalani kehidupan seperti sedia kala.

Semoga setetes keringat ini menjadi amal pemberat kita, menyatukan hati-hati kita dan kelak kita dipertemukan dalam JannahNYA.
Aamiin....

0 komentar:

 
;